08 February 2013

Chinatown, Gong Xi Fa Cai 2013


Lampion merah menghiasi bagian luar rumah/toko di kawasan Chinatown, entah setiap hari begitu atau karena waktunya menyambut perayaan tahun baru Imlek. Yang jelas saat aku keluar dari stasiun MRT, aku pemandangan seperti ini langsung menyapa, disertai dengan banyaknya "turis" yang berkerumun di sekitar pasar.


Aku jadi ingat, pertama kali aku ke Singapore, 7 tahun lalu, juga hampir bertepatan dengan Imlek. Aku ingat betul sempat mampir ke tempat ini dan bernarsis ria sebentar. Hanya saja waktu itu toko-toko belum buka karena masih terlalu pagi.


Melihat daerah ini jadi ingat kawasan kota tua di Semarang dan Jakarta. Tentu saja, bangunan di sini masih terawat meskipun tetap mempertahankan keaslian. Aku rasa penduduk, dan pemerintah setempat, paham betul pentingnya merawat bangunan kuno, termasuk untuk bisnis pariwisata.


Aku yakin, dulu bangunan ini pasti tidak berwarna ungu hehehe... Meskipun dicat berbeda, tidak membuat bangunan ini kehilangan ke-"kuno"-annya, malah jadi kelihatan bagus.


Sepertinya pemerintah selalu menghias jalanan jika ada festival budaya tertentu, dan aku ingat beberapa kali datang pas menjelang perayaan budaya tertentu, seperti Moon Cake Festival dan Deepavali.



Makan siang di salah satu gang, pelayanan cukup cepat. Tapi ya terus terang rasanya kurang memuaskan, sepadan dengan harganya yang miring. Atau mungkin aku salah pesan menu aja, bukan menu yang favorit. Gara-gara kebanyakan menunya pakai mie, sementara aku dah hampir makan mie tiap hari selama di sini. Giliran nyari menu nasi, pilihannya terbatas.


Kalau dibandingkan waktu aku jalan-jalan di Little India, sepertinya jenis oleh-oleh atau jualan yang ada di Chinatown ini lebih beragam. Soal harga sih gak jauh beda. Waktu beli barang, aku sempat bengong waktu pedagangnya ngomong pakai bahasa mandarin. Jiah, gak lihat apa muka item gini.


Sayang sekali aku ada jadwal meeting ke customer setelah makan siang, kalau gak, aku pengen beli bunga sri rejeki ini (lucky flower). Dulu pernah beli di puncak, sekarang jarang nemu di sekitar rumah.


Sebenarnya masih kurang puas jalan-jalan di sini, apa daya waktu terbatas. Ini saja bisa dibilang "bolos" hehehe.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...